Kamis 02 Nov 2023 17:05 WIB

10 Tren Global di 2024 Versi Forbes, Salah Satunya Soal Perubahan Iklim

Perubahan iklim akan menjadi salah satu isu politik di 2024.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Perubahan iklim akan menjadi isu politik dan masuk sebagai salah satu tren global di 2024.
Foto: www.freepik.com
Perubahan iklim akan menjadi isu politik dan masuk sebagai salah satu tren global di 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perang, pandemi, turbulensi ekonomi, dan pergeseran kekuatan politik baik di tingkat nasional maupun internasional membuat dunia menjadi sangat berbeda dibandingkan pada awal tahun 2020. Tren-tren besar ini akan terus membentuk kembali masyarakat di masa depan.

Bagi banyak orang, masalah lingkungan dan upaya untuk mengurangi dampak dari krisis iklim tentu menjadi agenda utama. Pada saat yang sama, di masa depan, akan muncul berbagai teknologi baru yang bermanfaat bagi kehidupan, namun juga berpotensi menyebabkan kerusakan.

Baca Juga

Atas pemikiran itu, Bernard Marr, seorang penasihat bisnis dan teknologi stategis, telah memprediksi 10 tren global yang paling signifikan pada tahun 2024. Berikut rinciannya seperti dilansir Forbes, Kamis (2/11/2023).

 

1. Kecerdasan buatan semakin masif

Pada tahun 2024, kecerdasan buatan (AI) adalah bagian dari kehidupan sehari-hari dan hampir tidak ada industri atau aspek kehidupan kita yang tidak tersentuh olehnya. Meskipun AI telah mendorong inovasi dan menciptakan efisiensi di berbagai sektor, namun AI juga menyebabkan cukup banyak ketakutan dan ketidakpastian.

Ancaman terhadap pekerjaan adalah nyata. Ada juga kekhawatiran bahwa menyerahkan kendali atas kehidupan kita kepada algoritme dapat memperburuk perpecahan dan ketidaksetaraan dalam masyarakat.

 

2. Perubahan iklim menjadi isu politik

Urgensi untuk mencegah dampak bencana dari perubahan iklim semakin meningkat saat kita memasuki tahun 2024. Selain teknologi dan inovasi, keberpihakan politik terhadap iklim harus diperhitungkan. Karenanya, tahun 2024 menjadi kesempatan terbaik untuk menentukan kandidat yang memiliki keberpihakan terhadap masalah iklim dan lingkungan.

 

3. Pemilu akan menentukan arah demokrasi

Pemilu membawa peluang untuk perubahan, dan tahun 2024 akan menjadi ajang perebutan kepemimpinan di sejumlah negara di mana pergeseran keseimbangan kekuasaan dapat memiliki implikasi global yang besar. Warga negara di AS, Indonesia, dan beberapa negara lain akan menjalankan pemilu tahun depan.

 

4. Masa-masa yang bergejolak bagi perekonomian

Perlambatan pertumbuhan ekonomi global yang terus berlanjut diperkirakan akan terjadi pada tahun 2024. Masa-masa ekonomi yang sulit biasanya mengakibatkan pemerintah memilih untuk mengurangi pengeluaran untuk layanan dan utilitas publik, pemutusan hubungan kerja, penurunan standar hidup, dan pertumbuhan kerusuhan sipil. Pertumbuhan yang lambat juga mengancam upaya nasional dan internasional untuk mencapai target Net Zero.

 

5. Evolusi pekerjaan

Perubahan cara kita bekerja akan terus berdampak pada banyak aspek kehidupan dan masyarakat. Meskipun beberapa perusahaan menerapkan kebijakan kembali ke kantor, namun kebanyakan perusahaan tetap menerapkan kerja jarak jauh dan hybrid. Hal ini berdampak pada peningkatan mobilitas global, dengan para pekerja yang tidak lagi terikat untuk tinggal di daerah yang dekat dengan pusat-pusat pekerjaan. Namun, hal ini juga dapat meningkatkan isolasi sosial dan kohesi sosial. Mengelola perubahan ini akan menjadi tantangan penting bagi organisasi dan individu di tahun 2024.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement