Sabtu 20 Jan 2024 16:55 WIB

Uni Eropa Diminta Hentikan Penggunaan Bahan Bakar Fosil

Uni Eropa perlu merombak kebijakan untuk menghapus bahan bakar fosil.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Uni Eropa perlu merombak kebijakan-kebijakannya untuk mewujudkan penghapusan bahan bakar fosil.
Foto: www.pixabay.com
Uni Eropa perlu merombak kebijakan-kebijakannya untuk mewujudkan penghapusan bahan bakar fosil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Uni Eropa perlu merombak kebijakan-kebijakannya untuk mewujudkan penghapusan bahan bakar fosil, jika blok ini ingin mencapai target-target iklimnya yang ambisius. Demikian menurut para penasihat iklim Komisi Eropa. 

Uni Eropa yang beranggotakan 27 negara, termasuk yang paling lantang menyuarakan kesepakatan global untuk menghentikan penggunaan bahan bakar fosil pada konferensi iklim COP28 tahun lalu. Acara yang digelar di Dubai tersebut hanya berakhir dengan kesepakatan yang lebih lemah untuk beralih dari batu bara, minyak, dan gas.

Baca Juga

Terlepas dari sikap tersebut, kebijakan Uni Eropa sendiri tidak sejalan dengan penghapusan bahan bakar fosil dalam beberapa dekade mendatang dan perlu direvisi untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2050, demikian ungkap Dewan Penasihat Ilmiah Eropa untuk Perubahan Iklim dalam sebuah laporan.

Para penasihat tersebut mengatakan bahwa sebagian besar pekerjaan ini akan dimulai setelah tahun 2030, tetapi harus dimulai lebih awal untuk memperlancar transisi.

"Uni Eropa perlu mengurangi penggunaan bahan bakar fosil secara tajam, dan hampir sepenuhnya menghapus penggunaan batu bara dan gas fosil dalam pembangkit listrik dan panas publik pada tahun 2040," kata para penasihat seperti dilansir Reuters, Sabtu (20/1/2024).

Kebijakan-kebijakan yang mendukung bahan bakar fosil termasuk peraturan bantuan negara Uni Eropa dan taksonomi investasi hijau yang memberi label investasi yang berkelanjutan, termasuk di dalamnya adalah infrastruktur gas.

Para penasihat juga menyerukan agar negara-negara menghentikan subsidi bahan bakar fosil dan mengalihkan pengeluaran tersebut ke tindakan yang ditargetkan untuk membantu rumah tangga yang rentan.

Subsidi bahan bakar fosil di seluruh Uni Eropa melonjak menjadi 130,57 miliar dolar AS pada tahun 2022 karena pemerintah mengeluarkan uang untuk melindungi warga dari harga energi yang tinggi setelah Rusia menginvasi Ukraina dan memotong pengiriman gas ke Eropa.

Serangkaian kebijakan iklim Uni Eropa yang baru-baru ini disepakati berarti negara-negara hampir mencapai target pengurangan emisi tahun 2030, tetapi tujuan iklim jangka panjang akan membutuhkan pengurangan CO2 yang jauh lebih dalam. Brussels sedang menyusun target iklim 2040, yang akan dipresentasikan bulan depan, yang menurut para penasihatnya harus mencapai pengurangan emisi sebesar 90-95 persen.

Mereka merekomendasikan berbagai tindakan untuk mewujudkannya, beberapa di antaranya menargetkan sektor-sektor yang sensitif secara politis seperti pertanian, di mana tindakan-tindakan ramah lingkungan yang dilakukan baru-baru ini mendapat penolakan.

Salah satu rekomendasi akan menetapkan harga untuk emisi dari pertanian setelah tahun 2030, sementara rekomendasi lainnya akan meningkatkan kondisi investasi untuk energi terbarukan dan melakukan lebih banyak hal untuk mengatasi dampak sosial dari kebijakan iklim.

Para penasihat juga menyerukan agar negara-negara menghentikan subsidi bahan bakar fosil dan mengalihkan pengeluaran tersebut ke tindakan yang ditargetkan untuk membantu rumah tangga yang rentan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement