Selasa 13 Feb 2024 18:25 WIB

Bank Sampah Rumah Harum Terima Sampah APK dari Kawasan Jabodetabek

Bank Sampah Rumah Harum olah sampah APK menjadi kursi hingga kardus serbaguna.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Petugas melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) pemilu 2024 (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
Petugas melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) pemilu 2024 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah masa kampanye usai, sampah alat peraga kampanye (APK) menimbulkan masalah tersendiri karena volumenya yang sangat besar. Kekhawatiran akan masalah sampah APK ini mendorong Bank Sampah Induk Rumah Harum untuk menerima dan mengelola sampah APK tersebut. 

Pengelola Bank Sampah Induk Rumah Harum, Hermansyah, mengatakan bahwa pihaknya menerima sampah APK dari kawasan Jabodetabek. Menurut dia, sampah alat peraga kampanye tersebut dapat diolah dan didaur ulang menjadi berbagai barang-barang yang berguna, misalnya kursi, box, hingga kardus yang memiliki nilai manfaat.

Baca Juga

"Kami melayani daur ulang semua sampah alat peraga kampanye dari area Jabodetabek. Dan sampai hari ini kami masih dalam proses pengangkutan, setelah itu nanti kami daur ulang menggunakan mesin," kata Hermansyah saat dihubungi Republika, Selasa (13/2/2024).

Ia mengatakan bahwa sejauh ini pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok untuk mendaur ulang semua sampah alat peraga kampanye di kota tersebut. Adapun untuk kawasan Jakarta, Bogor, dan Tangerang, pihaknya menerima sampah APK dari individu.

"Kalau kerjasama dengan kedinasan baru kota Depok saja, yang lainnya hanya individu saja," jelas dia.

Ia pun menyampaikan bahwa Bank Sampah Induk Rumah Harum masih menerima sampah alat peraga kampanye untuk didaur ulang. Ia pun mengajak berbagai pihak yang ingin menyalurkan sampah alat peraga kampanye untuk didaur ulang di Bank Sampah Induk Rumah Harum. 

"Jika ada yang ingin menyalurkan sampah alat peraga, bisa menghubungi kami, bisa di Instagram @bsirumahharum atau menghubungi nomor 0853-1196-5509 nanti tersedia layanan jemput ke tempat Anda," kata Hermansyah. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement