Selasa 20 Feb 2024 12:51 WIB

IMF dan Pantai Gading Sepakati Program Pendanaan Iklim Rp 20 Triliun

Pantai Gading menjadi negara yang rentan terhadap perubahan iklim.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
IMF menyatakan bahwa Pantai Gading sangat rentan terhadap perubahan iklim.
Foto: www.freepik.com
IMF menyatakan bahwa Pantai Gading sangat rentan terhadap perubahan iklim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dana Moneter Internasional (IMF) mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan Pantai Gading untuk membuat program ketahanan dan keberlanjutan. Program senilai 1,3 miliar dolar AS (Rp 20 triliun) itu diharapkan bisa menjadi upaya untuk memerangi perubahan iklim.

Dalam sebuah pernyataan, IMF menyatakan bahwa negara produsen kakao terbesar di dunia tersebut sangat rentan terhadap perubahan iklim.

Baca Juga

"Kenaikan suhu, gangguan curah hujan, banjir, naiknya permukaan air laut dan erosi pantai merupakan tantangan besar bagi Pantai Gading. Dan semua itu merupakan risiko berulang untuk pertumbuhan ekonomi yang tangguh, berkelanjutan dan inklusif," kata IMF seperti dilansir Reuters, Selasa (20/2/2024).

Langkah-langkah reformasi antara tahun 2024 dan 2026 akan mendukung tindakan Pantai Gading untuk memperkuat adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, terutama di bidang pertanian, transportasi, infrastruktur, dan manajemen keuangan publik. Kesepakatan ini akan diserahkan kepada dewan eksekutif IMF untuk disetujui dalam beberapa pekan mendatang, demikian menurut pernyataan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement