Senin 18 Mar 2024 21:57 WIB

Aturan Pelaporan Iklim Dinilai akan Dorong Keputusan Investasi yang lebih Baik

Para investor dukung penuh aturan pelaporan iklim perusahaan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Para investor sangat mendukung peraturan pelaporan terkait keberlanjutan yang baru seperti CSRD Uni Eropa dan peraturan pelaporan iklim baru SEC AS.
Foto: www.freepik.com
Para investor sangat mendukung peraturan pelaporan terkait keberlanjutan yang baru seperti CSRD Uni Eropa dan peraturan pelaporan iklim baru SEC AS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para investor sangat mendukung peraturan pelaporan terkait keberlanjutan yang baru seperti CSRD Uni Eropa dan peraturan pelaporan iklim baru SEC AS, dengan sebagian besar dari mereka juga percaya bahwa data ESG yang berkualitas tinggi akan memungkinkan keputusan investasi yang lebih baik. Hal ini menurut sebuah survei baru yang dirilis oleh penyedia solusi data dan pelaporan bisnis Workiva.

Untuk laporan yang berjudul “Executive Benchmark on Integrated Reporting 2024”, Workiva melakukan survei terhadap hampir 900 eksekutif di perusahaan-perusahaan yang memiliki pendapatan lebih dari 250 juta dolar AS dan lebih dari 100 investor institusional di seluruh Amerika Utara.

Baca Juga

Survei ini menemukan bahwa terlepas dari reaksi politik baru-baru ini terhadap inisiatif pelaporan ESG dan keberlanjutan di AS, lebih dari 80 persen investor Amerika Utara belum mengubah cara mereka mengambil keputusan investasi. Mayoritas investor tampaknya mendukung peraturan pengungkapan ESG yang baru dan yang sedang berkembang.

Sekitar 9 dari 10 investor percaya bahwa peraturan pelaporan keberlanjutan yang baru akan membantu mereka membuat keputusan investasi yang lebih tepat, termasuk 90 persen untuk peraturan CSRD Uni Eropa, 89 persen untuk undang-undang pengungkapan iklim California, dan 91 persen untuk peraturan pengungkapan iklim SEC.

Demikian pula, 92 persen investor setuju bahwa data ESG penting untuk menilai prospek keuangan jangka panjang perusahaan, dan 88 persen mengatakan bahwa data ESG harus diperlakukan sama ketatnya dengan data keuangan.

Namun, seiring dengan diberlakukannya peraturan baru, banyak perusahaan mengantisipasi kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pengungkapan yang baru. Sebanyak 74 persen eksekutif melaporkan bahwa mematuhi persyaratan pelaporan peraturan akan menjadi jauh lebih menantang di tahun mendatang, dan dua pertiganya menyatakan kekhawatiran tentang kemampuan perusahaan mereka untuk mematuhi persyaratan pelaporan peraturan yang baru.

Teknologi merupakan tantangan utama, dengan 65 persen eksekutif merasa khawatir bahwa teknologi pelaporan bisnis yang saat ini digunakan oleh perusahaan mereka tidak cukup untuk memenuhi persyaratan pelaporan peraturan yang baru.

Para eksekutif melaporkan bahwa mereka melihat manfaat yang signifikan dalam mengintegrasikan pelaporan keuangan dan ESG, dengan 85 persen setuju bahwa pelaporan terintegrasi memudahkan perusahaan untuk mematuhi persyaratan pelaporan peraturan. Para eksekutif yang saat ini mengintegrasikan LST dan pelaporan keuangan hampir dua kali lipat lebih mungkin untuk mengekspresikan kepercayaan diri mereka dalam kemampuan perusahaan mereka untuk mematuhi peraturan pelaporan iklim SEC yang baru.

"Para eksekutif bergulat dengan gelombang peraturan ESG yang akan datang, dengan mayoritas yang disurvei sebagai bagian dari survei ini setuju bahwa kepatuhan terhadap peraturan akan menjadi jauh lebih menantang di tahun mendatang. Ketika para eksekutif menavigasi kompleksitas peraturan ESG, mereka mencari kontrol yang lebih besar atas semua aspek data mereka dan pendekatan yang terukur untuk mengimbangi tuntutan peraturan,” kata Penasihat ESG Workiva, Diana Tidd, dilansir ESG Today, Senin (18/3/2024).

Investor juga menyatakan dukungan yang kuat untuk mengintegrasikan pelaporan keuangan dan ESG, dengan 88 persen melaporkan bahwa mereka akan lebih cenderung berinvestasi di perusahaan dengan pelaporan terintegrasi.

Selain itu, investor juga melaporkan dukungan yang kuat terhadap perlunya jaminan pihak ketiga, dengan 88 persen mengatakan bahwa mereka lebih cenderung berinvestasi di perusahaan yang memperoleh jaminan data  ESG.

Studi ini juga mengkaji beberapa hambatan utama yang dihadapi perusahaan dalam mengintegrasikan data keuangan dan ESG, dengan kompleksitas pengumpulan data keberlanjutan yang muncul sebagai tantangan utama, yang disebutkan oleh lebih dari separuh (52 persen) eksekutif yang disurvei, diikuti oleh adaptasi terhadap perubahan peraturan pelaporan sebesar 48 persen, dan mendapatkan jaminan untuk data ESG sebesar 45 persen. Selain itu, 43 persen melaporkan adanya tantangan karena terbatasnya keahlian keberlanjutan di antara staf mereka.

Menurut studi tersebut, AI generatif juga telah muncul sebagai alat utama bagi para investor, dengan 55 persen melaporkan bahwa mereka saat ini menggunakan AI generatif untuk mengevaluasi kinerja ESG dan keberlanjutan perusahaan, dan 61 persen berencana untuk melakukannya dalam 5 tahun ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement