Kamis 21 Mar 2024 06:15 WIB

Rendahnya Penggunaan Heat Pump Dinilai Rugikan Pengurangan Emisi

'Heat Pump' merupakan sebuah konsep hemat energi dan lingkungan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Heat pump sendiri merupakan sebuah konsep yang hemat energi dan lingkungan dengan menggunakan listrik.
Foto: www.pixabay.com
Heat pump sendiri merupakan sebuah konsep yang hemat energi dan lingkungan dengan menggunakan listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah laporan oleh National Audit Office (NAO) menggambarkan asumsi permintaan konsumen terhadap heat pump sebagai suatu hal yang optimis. NAO juga mempertanyakan kesadaran publik akan ketersediaan hibah upgrade boiler untuk membantu memperlancar transisi dari boiler berbahan bakar minyak dan gas di tengah perjuangan melawan perubahan iklim.

Heat pump sendiri merupakan sebuah konsep yang hemat energi dan lingkungan, dengan menggunakan listrik untuk memindahkan panas dari ruang yang dingin ke ruang yang hangat, sehingga ruang yang dingin lebih dingin dan ruang hangat lebih hangat. Sektor energi rumah tangga menyumbang sekitar 18 persen dari keseluruhan emisi gas rumah kaca di Inggris.

Baca Juga

NAO mengatakan bahwa hanya 18.900 unit heat pump yang dipasang di bawah skema hibah dari Mei 2022 hingga Desember 2023 – kurang dari setengah dari perkiraan 50 ribu unit pada saat itu.

Sejak dana hibah ditingkatkan dari 5.000 pound sterling menjadi 7.500 poundsterling pada bulan September, jumlah heat pump yang dipasang telah meningkat. Namun studi NAO juga melaporkan keraguan apakah peningkatan tersebut akan berkelanjutan.

Laporan tersebut mengidentifikasi dua hambatan terhadap peningkatan instalasi, termasuk kesadaran yang rendah. Dikatakan bahwa biaya juga tetap menjadi faktor, meskipun ada bantuan dari hibah, karena heat pump empat kali lebih mahal dibandingkan boiler gas meskipun efisiensinya jauh lebih besar.

Pemerintah mempunyai ambisi untuk memasang 600 ribu pompa panas per tahun pada tahun 2028. Sky News telah melaporkan perpecahan di antara para menteri di Departemen Keamanan Energi dan Net Zero (DESNZ) dalam upaya untuk memenuhi tenggat waktu tersebut.

Sebuah mekanisme, yang dirancang untuk menghukum produsen boiler yang gagal memenuhi penjualan heat pump listrik, telah mengakibatkan perselisihan buruk yang menyebabkan perusahaan menaikkan harga untuk mengimbangi potensi denda karena tidak mencapai target pemasangan.

Dikonfirmasi pekan lalu bahwa Menteri Energi Claire Coutinho telah meminta Otoritas Persaingan dan Pasar (CMA) untuk menyelidiki pasar pemanas ruangan.

NAO menyarankan agar keputusan mengenai peran hidrogen di masa depan dalam mengurangi emisi harus dilakukan sebelum batas waktu yang direncanakan pemerintah pada tahun 2026.

Ketua NAO, Gareth Davies, mengatakan bahwa pemerintah perlu melibatkan setiap rumah tangga untuk mencapai tujuannya dalam melakukan dekarbonisasi pemanasan rumah sebagai bagian dari transisi menuju net zero.

“Kemajuan DESNZ dalam menyadarkan rumah tangga dan mendorong mereka untuk beralih ke alternatif rendah karbon lebih lambat dari yang diperkirakan,” kata Davies dilansir Sky News, Kamis (21/3/2024).

Sementara itu, seorang juru bicara DESNZ mengatakan bahwa pihaknya telah mampu meningkatkan permintaan heat pump hampir 40 persen, melalui skema hibah dan tanpa paksaan.

“Kami juga terus melakukan kampanye efisiensi energi di TV, radio, dan surat kabar, yang menjangkau 16,6 juta rumah tangga dengan saran dan informasi tentang bagaimana heat pump, insulasi, dan panel surya dapat mengurangi emisi dan tagihan energi mereka,” kata juru bicara tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement