Kamis 06 Jun 2024 10:39 WIB

Komunitas Penjaga Laut Buka Donasi Transplantasi Terumbu Karang

Transplantasi dilakukan karena kondisi terumbu karang perairan Morela mulai rusak.

Gugusan terumbu karang.
Foto: Tangkapan Layar/VOA
Gugusan terumbu karang.

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Komunitas peduli lingkungan Penjaga Laut membuka donasi untuk melakukan transplantasi terumbu karang di perairan Morela, Maluku Tengah. Upaya tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari laut sedunia.

Koordinator Penjaga Laut wilayah Maluku Suci mengatakan donasi kegiatan transplantasi terumbu karang tersebut sebesar Rp 150 ribu untuk satu anakan terumbu karang yang akan ditransplantasi pada 8 Juni 2024. “Selain anakan terumbu karang, nama donatur juga akan disematkan pada terumbu karang yang ditransplantasi, mereka akan mendapatkan dokumentasi, sertifikat penanaman terumbu karang serta laporan kegiatan itu sendiri,” ucapnya, Kamis (6/6/2024).

Baca Juga

Suci menjelaskan kegiatan transplantasi terumbu karang dilakukan karena berdasarkan pengamatan kondisi terumbu karang di wilayah perairan tersebut mulai rusak. Penyebabnya adalah aktivitas pembangunan hingga penangkapan ikan tanpa memperhatikan kondisi alam.

“Jadi inisiatif ini kami lakukan juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya menjaga ekosistem laut terutama terumbu karang yang menjadi tempat tinggal bagi ikan-ikan kecil,” kata dia.

 

Ia menjelaskan terumbu karang adalah sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga yang disebut zooxanthellae. Terumbu karang termasuk dalam jenis filum Cnidaria kelas Anthozoa yang memiliki tentakel.

Kelas Anthozoa tersebut terdiri dari dua Subkelas yaitu Hexacorallia (atau Zoantharia) dan Octocorallia, yang keduanya dibedakan secara asal-usul morfologi dan fisiologi. Koloni karang dibentuk oleh ribuan hewan kecil yang disebut polip.

Dalam bentuk sederhana, karang terdiri dari satu polip saja yang mempunyai bentuk tubuh seperti tabung dengan mulut yang terletak di bagian atas dan dikelilingi oleh tentakel.

“Namun pada kebanyakan spesies, satu individu polip karang akan berkembang menjadi banyak individu yang disebut koloni. Hewan ini memiliki bentuk unik dan warna beraneka rupa serta dapat menghasilkan CaCO3. Terumbu karang merupakan habitat bagi berbagai spesies tumbuhan laut, hewan laut, dan mikroorganisme laut lainnya,” katanya menjelaskan.

Penanaman mangrove di Maluku...

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement