Selasa 23 Jul 2024 14:29 WIB

Strategi LPCK Wujudkan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan

Melalui PASTI, perseroan memperkuat dampak kegiatan CSR di tiap unit bisnis.

LPCK pada tahun 2023 melaksanakan donor darah bekerja sama dengan kawasan di seluruh industri Lippo Cikarang.
Foto: Ist
LPCK pada tahun 2023 melaksanakan donor darah bekerja sama dengan kawasan di seluruh industri Lippo Cikarang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) berupaya melakukan kegiatan tanggung jawab sosial lingkungan atau CSR yang sejalan dengan kerangka Lippo PASTI. Sepanjang tahun 2023, LPCK telah mengeluarkan biaya sebesar Rp 25,49 miliar dibantu oleh 224 sukarelawan dari internal perseroan dengan total 147 jam waktu yang didedikasikan untuk melaksanakan kegiatan CSR.

Presiden Direktur LPCK, Gita Irmasari, menyampaikan inisiatif yang tercakup dalam PASTI mendukung agenda keberlanjutan Indonesia dan UN SDGs, serta kebutuhan masyarakat lokal yang dilayani. "Jika memungkinkan, perseroan melakukan aktivitas dalam kemitraan dengan lembaga pemerintah daerah dan organisasi nirlaba untuk sekaligus mendukung upaya berkelanjutan mereka," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (23/7/2024).

Baca Juga

Sejak 2022, induk usaha LPCK yakni PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) meluncurkan kerangka kerja grup untuk dukungan dan keterlibatan masyarakat bertajuk 'Lippo Untuk Indonesia PASTI' (PASTI). Melalui PASTI, LPKR memperkuat dampak dengan menyelaraskan upaya CSR masing-masing unit bisnis dengan prioritas dan target, serta mengajak masyarakat untuk mencapai tujuan bersama.

Lippo untuk Indonesia PASTI (Pintar, Asri, Sejahtera, Tangguh, Independen) merupakan upaya mewujudkan semangat yang tegas dan berani yang mendorong kemajuan holistik agenda keberlanjutan Indonesia. Sekaligus berkomitmen meningkatkan kualitas hidup bagi semua pemangku kepentingan dalam ekosistem grup, guna memastikan masa depan yang lebih cerah bagi generasi mendatang.

Pada tahun lalu, lewat pilar Pintar (bidang pendidikan), LPCK menyelenggarakan lomba Dokter Kecil bekerja sama dengan Puskesmas Desa Cibatu, partisipasi dalam Lomba Basket Avensis Reborn SPH Lippo Cikarang, dan mendukung acara Sekolah Don Bosco III Affair (lomba mewarnai dan fashion).

Melalui pilar Asri (bidang lingkungan), perseroan menyelenggarakan Gowes Cinta Lingkungan (GOCIL) bersama dengan warga Cikarang serta menyediakan fasilitas mobilisasi di kawasan Lippo Cikarang bekerja sama dengan Beam Mobility.

Sementara itu, lewat pilar Sejahtera (bidang sosial kemasyarakatan), LPCK pada tahun lalu berkontribusi di antaranya dalam memberikan bantuan air bersih dan sembako desa–desa di sekitar Cikarang yang mengalami banjir. Termasuk sumbangan hewan kurban dalam perayaan Idul Adha melalui beberapa lembaga di sekitar area Cikarang, Bekasi.

Adapun melalui pilar Tangguh (bidang kesehatan masyarakat), LPCK pada tahun 2023 melaksanakan donor darah bekerja sama dengan kawasan di seluruh industri Lippo Cikarang dan mengadakan pemeriksaan mata gratis untuk siswa Sekolah Dasar dan Lansia di Desa Cicau, Cikarang.

Sedangkan lewat pilar Independen (bidang pemberdayaan masyarakat atau dukungan terhadap UMKM), LPCK pada tahun lalu memberikan dukungan terhadap UMKM melalui kolaborasi dengan komunitas warga pada HUT RI melibatkan 50 UMKM. Lalu kegiatan dengan komunitas warga pada Car Free Day yang melibatkan 30 UMKM Lippo Cikarang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement