Rabu 03 Jan 2024 17:15 WIB

Tahun 2023 Juga Jadi Tahun Terpanas di Inggris

Suhu panas di Inggris capai yang tertinggi di 2023 sejak 1884 silam.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Suhu rata-rata tahun 2023 lebih tinggi daripada tahun-tahun sebelumnya sejak 1884 kecuali tahun 2022 di Inggris.
Foto: www.freepik.com
Suhu rata-rata tahun 2023 lebih tinggi daripada tahun-tahun sebelumnya sejak 1884 kecuali tahun 2022 di Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun 2023 akan menjadi tahun terpanas kedua di Inggris, menurut data sementara yang dirilis pada Selasa oleh Met Office. Menurut layanan meteorologi UK tersebut, suhu rata-rata tahun 2023 lebih tinggi daripada tahun-tahun sebelumnya sejak 1884 kecuali tahun 2022, melanjutkan tren pemanasan yang secara signifikan dipicu perubahan iklim.

Wales dan Irlandia Utara, dua dari empat negara yang membentuk Inggris Raya, mengalami tahun-tahun terpanas untuk dua tahun berturut-turut. Sementara itu, tahun 2023 juga merupakan tahun terpanas bagi Inggris untuk suhu minimum, kata badan tersebut.

Baca Juga

"Perubahan iklim mempengaruhi catatan suhu di Inggris dalam jangka panjang. Meskipun iklim kita akan tetap bervariasi, dengan periode cuaca dingin dan basah, apa yang telah kita amati selama beberapa dekade terakhir adalah sejumlah rekor suhu tinggi yang menurun,” kata ilmuwan senior Met Office, Mike Kendon, seperti dilansir Phys, Rabu (3/1/2023).

Ia memperkirakan, pola ini akan terus berlanjut karena iklim bumi terus berubah di tahun-tahun mendatang sebagai akibat dari perubahan iklim. Hal ini terjadi ketika masyarakat di seluruh dunia mengalami cuaca ekstrem dalam beberapa tahun terakhir, termasuk gelombang panas, kekeringan, dan kebakaran hutan yang menurut para ilmuwan diperparah oleh perubahan iklim.

Sebelumnya, layanan perubahan iklim Uni Eropa, Copernicus, menyatakan bahwa tahun 2023 akan menjadi tahun terpanas yang pernah tercatat di dunia. Suhu panas tahun lalu di Inggris dipelopori oleh gelombang panas pada bulan Juni dan September, sementara delapan dari 12 bulan di Inggris mengalami suhu di atas rata-rata.

Suhu rata-rata sementara sebesar 9,97 derajat Celcius menempatkan tahun 2023 sedikit di belakang tahun sebelumnya, ketika Inggris memecahkan rekor suhu sepanjang masa dengan mencapai 40 derajat Celcius untuk pertama kalinya. Tahun lalu juga menduduki peringkat kedua terpanas untuk Suhu Inggris Tengah (CET), seri suhu instrumental terpanjang di dunia yang dimulai pada tahun 1659, kata Met Office.

Direktur kebijakan Greenpeace Inggris, Doug Parr, mengatakan bahwa semua ini menjadi peringatan bahwa krisis iklim sudah semakin parah. Ia juga menuduh Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, tidak serius mengatasi masalah iklim.

Pemerintah Sunak tahun lalu mengumumkan pelonggaran beberapa kebijakan yang bertujuan untuk mencapai emisi karbon nol pada 2050. Ia juga mengizinkan pengeboran minyak dan gas baru di Laut Utara.

"Ada dukungan besar dari para pemilih untuk aksi iklim dan Anda akan berpikir bahwa berita ini akan meminta tanggap darurat dari pemerintah Inggris," ujar Parr. Karenanya ia mendesak Sunak untuk membatalkan keputusan tersebut dan membuat kebijakan yang berani untuk mengatasi krisis iklim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement