Rabu 10 Apr 2024 01:58 WIB

Polusi Udara Picu Risiko Kesehatan Serius Bagi 16 Juta Penduduk Italia

Italia mengalami 11.282 kematian dini akibat paparan nitrogen dioksida.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Italia mengalami 11.282 kematian dini akibat paparan nitrogen dioksida pada tahun 2021, tertinggi di Eropa.
Foto: VOA
Italia mengalami 11.282 kematian dini akibat paparan nitrogen dioksida pada tahun 2021, tertinggi di Eropa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duduk di meja dapurnya di Modena, provinsi Emilia Romagna, Italia, Valentina menceritakan riwayat kesehatannya dan keluarga suaminya.

Kanker telah menjadi hal yang umum di kedua belah pihak, dengan Valentina (54 tahun) berhasil mengalahkan kanker payudara beberapa tahun yang lalu dan suaminya, Andrea (55), baru saja sembuh dari kanker tulang sumsum.

Baca Juga

"Mungkin saja situasi ini diperburuk oleh polusi," kata Valentina, seperti dilansir Euronews Green, Rabu (10/4/2024).

Po Valley di mana pasangan ini tinggal adalah salah satu tempat paling tercemar di Eropa dalam hal kualitas udara. Kota-kota besar seperti Milan di Lombardy dan Turin di Piedmont mengalami polusi berat dari lalu lintas dan pemanasan dalam ruangan dari pembakaran kayu, serta industri seperti pertanian, teknik, dan keramik.

"Keluarga kami tersentuh oleh situasi ini. Mungkin jika kami tinggal di daerah lain tanpa distribusi industri ini, keadaannya akan berbeda,” kata Valentina.

Nitrogen dioksida, ozon, dan partikel yang dapat terhirup (PM) - terutama PM10 dan PM2.5 - merupakan salah satu produk yang paling berbahaya di atmosfer. Mereka menyebabkan risiko kesehatan yang serius bagi lebih dari 16 juta orang Italia yang tinggal di Po Valley.

Menurut kumpulan data yang dirilis oleh Badan Lingkungan Eropa (EEA), Italia mengalami 11.282 kematian dini akibat paparan nitrogen dioksida pada tahun 2021, tertinggi di Eropa. Kanker juga merupakan penyebab utama kematian kedua di negara ini, dengan kanker paru-paru menyumbang jumlah kematian tertinggi untuk pria dan wanita.

Meskipun bagian utara secara ekonomi lebih kaya, pola makan lebih baik, jumlah perokok lebih sedikit, dan jumlah orang yang kelebihan berat badan lebih sedikit dibandingkan bagian selatan Italia, namun wilayah Po menunjukkan angka kematian yang lebih tinggi untuk kanker, demikian laporan dari University of Bologna.

"Semua penelitian menyatakan dengan jelas bahwa ada hubungan langsung antara tinggal di daerah yang sangat tercemar dengan tingginya risiko penurunan kesehatan," kata Profesor Signorelli, presiden Asosiasi Sekolah Kesehatan Masyarakat di Wilayah Eropa (ASPHER).

Pusat-pusat kota sangat berisiko, dengan kota Cremona di wilayah Lombardy memiliki konsentrasi PM2.5 tertinggi keempat di Eropa, menurut EEA. Kota-kota seperti Verona, Padova dan Vicenza juga menunjukkan peningkatan PM2.5 antara tahun 2018 dan 2022, merujuk sebuah laporan dari European Data Journalism Network.

Kondisi geografis yang memungkinkan Italia melakukan industrialisasi di bagian utara adalah hal yang sama yang menyebabkan penurunan kualitas udara. Dataran rendahnya menghasilkan 35 persen produksi pertanian negara tersebut, dan merupakan rumah bagi pabrik-pabrik yang memproduksi genteng dan batu bata.

Dikelilingi oleh Pegunungan Alpen di sebelah utara dan Pegunungan Apennine di sebelah selatan, polutan atmosfer terperangkap di Lembah (valley). Konsentrasi yang tidak sehat menumpuk di kota-kota yang padat penduduknya.

"Po Valley dicirikan oleh tingkat urbanisasi yang tinggi dengan kondisi meteorologi yang secara umum tidak mendukung penyebaran polutan," jelas Secondo Barbero, direktur umum Badan Regional untuk Perlindungan Lingkungan (ARPA) di Piedmont.

Hal ini terutama terjadi selama musim dingin ketika hanya ada sedikit angin, serta udara yang lebih dingin dan lebih padat bergerak lebih lambat, menjebak polutan di atmosfer. Peningkatan stagnasi ini juga berarti bahwa orang-orang terpapar polutan ini untuk waktu yang lebih lama daripada di musim panas.

"Jadi, untuk mengurangi tingkat polusi di bawah batas yang ditetapkan oleh undang-undang Uni Eropa, di Po Valley diperlukan upaya yang jauh lebih besar daripada di daerah lain," kata Barbero.

Namun, ada beberapa perbaikan dalam 20 tahun terakhir. Pergeseran dari bahan bakar fosil dalam transportasi dan sistem pemanas rumah telah menyebabkan sedikit penurunan polutan di atmosfer lembah.

Tahun 2023 bahkan menunjukkan jumlah PM10, PM2.5, dan nitrogen dioksida yang berada di bawah batas yang direkomendasikan secara nasional, menjadikannya salah satu tahun terbaik dalam hal tingkat PM10 dan PM2.5 di atmosfer yang diminimalkan.

Akan tetapi, bagaimanapun, para aktivis ingin aksi yang lebih signifikan. Beatrice Bos, pemimpin tim dari organisasi Our Youth 4 Climate Milano, mendesak adanya perubahan yang lebih berarti.

"Milan adalah kota dengan masalah polusi yang besar, namun tidak ada yang benar-benar menyadari kondisi kritisnya, terutama jika dibandingkan dengan wilayah lain di Eropa," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement