Selasa 21 Nov 2023 06:10 WIB

Laporan PBB: Emisi Global Diproyeksikan Turun 2 Persen pada 2030

Penurunan emisi global di 2030 sangat jauh dari target, yakni 43 persen.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP28) di Dubai, akan membahas langkah-langkah kuat atasi pemanasan global.
Foto: www.freepik.com
Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP28) di Dubai, akan membahas langkah-langkah kuat atasi pemanasan global.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Laporan PBB mengungkap bahwa emisi global diproyeksikan hanya akan turun 2 persen pada tahun 2030. Ini jauh di bawah target pengurangan yakni 43 persen, yang diperlukan untuk mencegah konsekuensi paling parah dari perubahan iklim.

Pengungkapan ini muncul menjelang Konferensi Perubahan Iklim PBB ke-28 atau COP28 di Dubai, di mana negara-negara akan membahas langkah-langkah iklim yang lebih kuat guna membatasi pemanasan global pada 1,5 derajat Celcius.

Baca Juga

Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) telah menekankan pentingnya mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 43 persen pada tahun 2030. Pengurangan ini sangat penting untuk menahan kenaikan suhu hingga 1,5 derajat Celcius pada akhir abad ini, sehingga dapat mengurangi risiko kekeringan, gelombang panas, dan curah hujan yang semakin parah.

Konvensi Kerangka Kerja Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNFCCC) telah memeriksa dokumen Kontribusi yang Ditetapkan Secara Nasional (NDC) dari 195 negara yang menandatangani Perjanjian Paris, termasuk 20 NDC baru atau yang telah diperbaharui yang diserahkan hingga 25 September.

Sesuai dengan analisis tahun lalu, laporan baru ini mengindikasikan bahwa meskipun emisi diperkirakan akan mencapai titik terendah setelah tahun 2030 dibandingkan dengan tingkat emisi di tahun 2019, hal ini tidak menunjukkan alur penurunan yang cepat seperti yang direkomendasikan.

Jika NDC terbaru diimplementasikan, komitmen yang ada diperkirakan akan meningkatkan emisi sekitar 8,8 persen dibandingkan dengan tingkat emisi tahun 2010. Hal ini menandai peningkatan marjinal dari penilaian tahun lalu, yang mengindikasikan bahwa negara-negara berada di jalur yang tepat untuk meningkatkan emisi sebesar 10,6 persen pada tahun 2030, relatif terhadap tingkat emisi tahun 2010.

Laporan tersebut menggarisbawahi bahwa emisi global diperkirakan hanya akan mencapai 2 persen di bawah tingkat tahun 2019 pada tahun 2030, menggarisbawahi bahwa puncak emisi global diperkirakan akan terjadi pada dekade ini.

Untuk mencapai puncak emisi sebelum tahun 2030, laporan tersebut menegaskan, elemen-elemen bersyarat dari NDC perlu diimplementasikan, yang sebagian besar bergantung pada akses terhadap sumber daya keuangan yang lebih baik, transfer teknologi dan kerja sama teknis, dan dukungan pengembangan kapasitas, serta ketersediaan mekanisme berbasis pasar.

"Laporan sintesis rencana iklim nasional hari ini menggarisbawahi perlunya kita bertindak dengan ambisi yang lebih besar dan mendesak untuk mencapai tujuan Perjanjian Paris, tidak ada lagi waktu yang tersisa," kata Sultan Al Jaber, yang ditunjuk menjadi Presiden COP28.

Simon Stiell, Sekretaris Eksekutif Perubahan Iklim PBB, menekankan perlunya COP28 menjadi titik balik. Ia pun mendesak para pemimpin negara untuk tidak hanya menyepakati aksi iklim yang lebih kuat tetapi juga menunjukkan bagaimana aksi-aksi tersebut akan diimplementasikan.

"Stiell menyoroti bahwa Global Stocktake COP28, yang merupakan proses peninjauan PBB yang dilakukan setiap dua tahun sekali, harus menjadi momen bagi negara-negara untuk mengintensifkan upaya mereka dan menyelaraskannya dengan tujuan Perjanjian Paris," kata Stiell seperti dilansir Planet, Selasa (21/11/2023).

Laporan Global Stocktake, yang dirilis oleh Perubahan Iklim PBB, mengidentifikasi area-area di mana kemajuan yang dicapai belum memadai. Stiell menekankan bahwa pemerintah harus secara efektif memanfaatkan seperangkat alat dan solusi yang diusulkan oleh negara-negara untuk mempercepat aksi adaptasi iklim, memenuhi harapan miliaran orang di seluruh dunia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement