Rabu 13 Dec 2023 07:30 WIB

Proses Perubahan Iklim Ancam Ketahanan Pangan, Apa yang Harus Dilakukan?

Sistem pangan global harus diperbarui untuk mengatasi perubahan iklim.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
PBB ungkap kekhawatiran tentang ketahanan pangan dampak dari perubahan iklim.
Foto: ANTARA/Syifa Yulinnas
PBB ungkap kekhawatiran tentang ketahanan pangan dampak dari perubahan iklim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring dengan memburuknya dampak kekeringan yang berkepanjangan hingga panas yang ekstrem, perubahan iklim mengancam kemampuan dunia untuk memproduksi makanan bergizi yang cukup dan memastikan semua orang memiliki akses terhadap makanan tersebut.

Pada COP28 di Dubai, lebih dari 130 pemimpin negara menyerukan agar sistem pangan global dan nasional dipikirkan kembali untuk mengatasi perubahan iklim, pengakuan resmi pertama pada konferensi iklim PBB atas meningkatnya kekhawatiran tentang ketahanan pangan dan emisi pemanasan planet dari pertanian.

Baca Juga

 Bagaimana perubahan iklim mengancam ketahanan pangan?

Ketika emisi bahan bakar fosil memanaskan planet ini, emisi tersebut mendorong terjadinya cuaca yang lebih ekstrim, mulai dari hujan lebat, kekeringan, gelombang panas, hingga kenaikan permukaan air laut secara bertahap. Semua itu dapat memengaruhi hasil panen, merusak lahan pertanian, dan mempersulit petani untuk bekerja.

Iklim yang memanas juga membawa penyakit dan hama tanaman ke lokasi baru atau membuat serangan menjadi lebih parah, merusak lebih banyak panen dan mengurangi hasil panen. Masalah-masalah tersebut, ditambah dengan tekanan-tekanan lain terhadap sistem pangan, mulai dari meningkatnya konflik hingga pembatasan ekspor hasil panen oleh negara-negara penghasil pangan dan spekulasi di pasar, menyebabkan harga pangan semakin tidak terjangkau dan semakin banyak orang yang kelaparan.

Seperti dilansir Eco Business, Rabu (13/12/2023), program pangan Dunia PBB memperkirakan bahwa 333 juta orang menghadapi kerawanan pangan akut pada tahun 2023 di 78 negara tempat mereka bekerja. Ini menjadi sebuah peningkatan besar dari sekitar 200 juta orang sebelum pandemi Covid-19.

 Apa saja upaya untuk mengatasi ancaman-ancaman ini?

Di seluruh dunia, banyak petani yang beradaptasi dengan iklim ekstrim dengan berbagai cara, mulai dari membangun irigasi untuk menampung air banjir dan menyimpannya selama musim kemarau, hingga mengadopsi benih baru yang lebih ramah lingkungan dan mengembalikan tanaman tradisional yang tahan banting. Namun, beberapa tantangan seperti gelombang panas yang lebih sering dan ekstrem lebih sulit diatasi.

Dana untuk membantu petani skala kecil, yang memasok sekitar sepertiga makanan dunia, untuk beradaptasi dengan risiko iklim juga menurun drastis. Pada tahun 2021, mereka hanya menerima sekitar 2 miliar dolar AS atau 0,3 persen dari total pendanaan iklim internasional dari sumber publik dan swasta, menurut lembaga think tank yang berbasis di Amsterdam, Climate Focus.

Dengan sedikitnya bantuan dari luar yang tersedia, banyak petani skala kecil harus membayar sendiri biaya adaptasi iklim. Survei Climate Focus terhadap 13 negara di Asia, Afrika dan Amerika Latin menemukan bahwa hampir 440 juta rumah tangga petani skala kecil sekarang menghabiskan sekitar 368 miliar dolar AS per tahun untuk biaya adaptasi.

Para analis mengatakan bahwa upaya untuk menopang ketahanan pangan global juga perlu menjangkau lebih dari sekadar pertanian, untuk mencoba mengendalikan para spekulan di pasar pangan, mencegah pembatasan ekspor, dan memperbaiki sistem bantuan kemanusiaan yang semakin kewalahan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement