Selasa 27 Feb 2024 13:47 WIB

Perubahan Iklim Sebabkan Gangguan Stres Pascatrauma Pada Anak dan Remaja

Perubahan iklim memperparah kesehatan mental anak-anak dan remaja.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Bencana alam dapat menyebabkan gangguan stres pascatrauma pada kelompok anak dan remaja.
Foto: www.freepik.com
Bencana alam dapat menyebabkan gangguan stres pascatrauma pada kelompok anak dan remaja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perubahan iklim dapat memainkan peran utama dalam mempengaruhi kesehatan mental kaum muda, menurut sebuah laporan baru dari American Psychological Association. Laporan yang ditulis bekerja sama dengan organisasi advokasi iklim ecoAmerica ini mendokumentasikan bagaimana peristiwa-peristiwa lingkungan yang terkait dengan perubahan iklim termasuk bencana cuaca, panas yang ekstrem dan kualitas udara yang buruk dapat memicu atau memperparah masalah kesehatan mental anak-anak dan remaja.

Bencana alam dapat menyebabkan gangguan stres pascatrauma pada kelompok-kelompok ini, kata laporan tersebut. Masalah jangka panjang seperti panas, kekeringan, dan kualitas udara yang buruk dapat meningkatkan risiko kecemasan, depresi, gangguan bipolar, agresi, gangguan kognitif, dan banyak lagi.

Baca Juga

"Laporan ini mendokumentasikan kerugian psikologis yang terjadi saat ini pada anak-anak dan remaja. Ini bukanlah masalah yang bisa kita tunggu dan selesaikan nanti. Sebagai masyarakat, kita harus bertindak sekarang,” kata Dr Dennis P Stolle, direktur senior psikologi terapan dari APA yang mengulas laporan tersebut seperti dilansir CNN, Selasa (27/2/2024).

Ini adalah studi terbaru dari serangkaian studi yang dilakukan oleh kedua organisasi tersebut sejak tahun 2014. Studi ini tidak melibatkan eksperimen baru, melainkan merangkum penelitian yang sudah ada tentang perubahan iklim, kesehatan mental, dan perkembangan anak muda.

Sue Clayton, seorang profesor psikologi di College of Wooster dan penulis utama laporan ini, mengatakan bahwa peristiwa cuaca terkait perubahan iklim membuat anak-anak lebih rentan terhadap konsekuensi kesehatan mental karena anak-anak muda mungkin tidak memiliki strategi mengatasi masalah seperti yang dimiliki orang dewasa.

Jika orang tua mengalami stres akibat kesulitan yang terkait dengan peristiwa lingkungan, seperti panas yang ekstrem atau kebakaran hutan, hal ini juga dapat memengaruhi kesehatan mental anak-anak mereka.

"Jika orang tua mengalami stres karena kekhawatiran atau ketakutan tersebut, hal itu dapat memengaruhi anak dan kesehatan mental mereka. Mengalami trauma di usia dini dapat berdampak seumur hidup pada kesehatan emosional dan kesejahteraan,” kata Clayton.

Konsekuensi kesehatan mental tersebut dimulai bahkan sebelum seorang anak dilahirkan, kata laporan itu. Paparan prenatal terhadap bencana cuaca, suhu tinggi, polusi udara, dan kecemasan ibu dapat meningkatkan risiko anak terhadap berbagai masalah perilaku dan perkembangan, termasuk kecemasan, depresi, ADHD, keterlambatan perkembangan, kontrol diri yang rendah, dan gangguan kejiwaan.

“Konsekuensinya dapat memengaruhi perkembangan sistem saraf dan sering kali tidak dapat dipulihkan,” tegas Clayton.

Bagi bayi dan anak kecil, peristiwa cuaca yang terkait dengan perubahan iklim dapat menyebabkan kecemasan, masalah tidur, PTSD, gangguan perkembangan kognitif, dan gangguan depresi berat.

Menurut laporan tersebut, remaja dan dewasa muda juga sangat cemas dengan perubahan iklim. Dibandingkan dengan orang tua dan lansia, kaum muda lebih cenderung khawatir atau prihatin tentang kegagalan pemerintah atau tokoh-tokoh yang memiliki otoritas untuk bertindak terhadap perubahan iklim.

Menurut laporan tersebut, kejadian-kejadian yang berhubungan dengan perubahan iklim dan kekhawatiran akan masalah ini berkaitan dengan risiko kecemasan, depresi, hubungan sosial yang tegang, dan bunuh diri.

"Mereka khawatir tentang hal itu karena mereka tahu hal itu akan mempengaruhi masa depan mereka.Bagaimana Anda merencanakan masa depan jika Anda tidak tahu seperti apa masa depan itu?" kata Clayton.

Ia juga mengkhawatirkan bagaimana perubahan iklim dapat memengaruhi orang dewasa muda yang sedang membuat keputusan tentang karier dan hubungan mereka. Laporan tersebut mengidentifikasi bahwa konsekuensi dari cuaca ekstrem dan kecemasan iklim memengaruhi pengambilan keputusan, gangguan kognisi, dan tingkat kontrol diri yang lebih rendah.

"Mereka membuat keputusan yang akan memengaruhi sisa hidup mereka, dalam hal tujuan dan rencana karier. Apakah mereka akan menabung? Bagaimana dengan keputusan mereka untuk memiliki anak?” tambah Clayton.

Para peneliti mencatat bahwa tidak semua anak muda mengalami dampak kesehatan mental akibat perubahan iklim dengan cara yang sama. Orang-orang dari latar belakang yang terpinggirkan atau berpenghasilan rendah - termasuk masyarakat adat, masyarakat kulit berwarna, perempuan dan penyandang disabilitas - lebih mungkin terpapar cuaca ekstrem.

“Dibandingkan dengan masyarakat di daerah yang lebih makmur, mereka mungkin juga memiliki lebih sedikit cara untuk mengatasi cuaca ekstrem. Sebagai contoh, masyarakat berpenghasilan tinggi cenderung memiliki lebih banyak tutupan pohon untuk melindungi diri dari panas,” kata Clayton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement