Jumat 15 Mar 2024 21:23 WIB

Ikan Salmon Terancam Punah Akibat Perubahan Iklim, Habitatnya Perlu Dipulihkan

Habitat ikan salmon perlu dipulihkan agar dapat bertahan dari dampak perubahan iklim.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Salmon dapat menghadapi berbagai kondisi seiring dengan perubahan iklim.
Foto: www.freepik.com
Salmon dapat menghadapi berbagai kondisi seiring dengan perubahan iklim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi baru mengungkap bahwa habitat salmon yang dipulihkan harus menyerupai portofolio keuangan, menawarkan berbagai pilihan bagi ikan untuk mencari makan dan bertahan hidup. Dengan begitu, salmon dapat menghadapi berbagai kondisi seiring dengan perubahan iklim.

Para peneliti mengamati salmon Chinook yang terancam punah di anak sungai Sacramento. Mereka menemukan bahwa lokasi yang direstorasi yang menghasilkan banyak ikan mungkin sangat rentan terhadap perubahan seperti kekeringan. Lokasi-lokasi tersebut harus digabungkan dengan berbagai lokasi lain yang mendukung populasi salmon dengan cara beragam.

Baca Juga

"Ikan membutuhkan berbagai peluang yang berbeda. Ikan dengan satu riwayat hidup yang mendukung habitat tertentu tidak akan menyelamatkan populasi dalam jangka panjang. Kita membutuhkan habitat yang beragam untuk mendukung beragam sejarah hidup yang membantu memberikan ketahanan,” kata Flora Cordoleani, seorang peneliti NOAA Fisheries dan University of California Santa Cruz yang memimpin studi.

Riwayat hidup mengacu pada ciri dan sifat salmon seperti waktu migrasi remaja, tingkat pertumbuhan, dan preferensi makanan. Sebagai contoh, beberapa salmon remaja bermigrasi ke lautan pada tahun pertama pertumbuhannya, sementara yang lain mungkin menghabiskan tahun itu untuk tumbuh di air tawar terlebih dahulu. Waktu tersebut dapat menguntungkan mereka di beberapa tahun, tetapi membuat mereka lebih rentan di tahun-tahun lainnya, seperti saat kekeringan.

Salmon Spring Chinook pernah ditemukan di seluruh negara bagian AS dan menjadi tulang punggung perikanan salmon komersial California. Kini, jumlah mereka sangat berkurang dan hanya bertahan hidup di beberapa daerah aliran sungai utama dengan tren jumlah yang memburuk.

Musim gugur yang lalu, ahli biologi negara bagian dan federal mengumpulkan beberapa salmon Chinook yang masih hidup di musim semi untuk memulai penangkaran induk yang akan melindungi warisan genetik spesies ini.

Ikan mendapatkan keuntungan besar ketika mereka memiliki akses ke mosaik habitat yang saling terhubung dari vegetasi tepi sungai ke dataran banjir terbuka, demikian temuan penelitian. Ikan salmon muda dapat tumbuh dengan cepat ketika tahun-tahun basah menggenangi dataran banjir dan menghasilkan makanan yang berlimpah.

“Meskipun hal itu jarang terjadi. Kuncinya adalah ikan memiliki akses ke semua habitat tersebut, jadi jika terjadi sesuatu pada salah satu habitat, ikan-ikan tersebut tidak akan musnah,” kata Cordoleani.

Penelitian baru ini melampaui penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa ikan yang bermigrasi lebih lambat memiliki tingkat kelangsungan hidup yang lebih baik. Penelitian ini menunjukkan bagaimana hal tersebut terjadi di lanskap tiga anak sungai yang memberi makan Sungai Sacramento, salah satu sungai penghasil salmon terbesar di Pesisir Barat.

Cordoleani dan timnya meneliti Butte Creek, fokus restorasi ekstensif yang menghasilkan peningkatan besar dalam jumlah ikan yang memiliki akses ke dataran banjir. Mereka meneliti otolith salmon (tulang telinga kecil) yang mencatat petunjuk tentang riwayat hidup setiap ikan. Mereka menemukan beberapa ikan yang bermigrasi belakangan, yang membuat ikan di sana lebih rentan terhadap penurunan tajam selama tahun-tahun kekeringan yang mungkin akan menjadi lebih umum dengan adanya perubahan iklim.

Dua sungai terdekat lainnya, Mill dan Deer Creek, menawarkan kondisi yang berbeda dan menjadi tuan rumah bagi lebih banyak ikan yang bermigrasi sebagai anakan. Meskipun mereka tidak melihat peningkatan besar dalam jumlah ikan seperti yang terjadi di Butte Creek, salmon mereka lebih mampu bertahan dalam kekeringan. Menggabungkan tiga lokasi yang saling melengkapi akan meningkatkan ketahanan kompleks sumber daya sumber mata air Central Valley, istilah untuk gabungan semua populasi individu.

“Jumlah keseluruhannya jauh lebih besar, karena mereka melakukan hal yang berbeda dan mendukung ikan dengan cara yang berbeda. Beberapa dari kualitas tersebut mungkin menjadi lebih atau kurang penting seiring dengan perubahan iklim,” kata Rachel Johnson, penulis senior penelitian dan ilmuwan di NOAA seperti dilansir Phys, Jumat (15/3/2024).

“Pelajaran yang bisa diambil dari studi ini adalah bahwa lebih banyak pilihan habitat membantu ikan bertahan hidup dalam iklim yang tidak menentu dengan memberikan lebih banyak kesempatan untuk bertahan hidup dan berkembang,” tambah Johnson.

Untuk menyediakan beragam pilihan tersebut, diperlukan pemulihan kawasan habitat yang beragam dalam skala lanskap dan mengembalikan salmon ke habitat historisnya yang sudah lama hilang. Cordoleani dan tim berharap penelitian ini mendorong para perencana restorasi untuk mengimplementasikan proyek-proyek yang menciptakan mosaik habitat yang berbeda di seluruh daerah aliran sungai yang mendukung strategi kelangsungan hidup ikan yang beragam. Tindakan ini juga akan menyeimbangkan satu sama lain untuk membantu menstabilkan jumlah ikan dalam jangka panjang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement