Selasa 26 Mar 2024 20:31 WIB

PBB: Perempuan dan Anak Jadi Kelompok Paling Terdampak Perubahan Iklim

Perempuan dan anak menjadi kelompok pertama yang menderita akibat perubahan iklim.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Perempuan dan anak perempuan merupakan kelompok pertama yang paling menderita ketika kekeringan melanda daerah miskin dan pedesaan.
Foto: www.freepik.com
Perempuan dan anak perempuan merupakan kelompok pertama yang paling menderita ketika kekeringan melanda daerah miskin dan pedesaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perempuan dan anak perempuan merupakan kelompok pertama yang paling menderita ketika kekeringan melanda daerah miskin dan pedesaan. Karenanya, PBB mendesak agar negara-negara berupaya untuk memperbaiki konflik atas sumber daya air.

Tekanan terhadap sumber daya air yang diperparah oleh krisis iklim, serta penggunaan berlebihan dan polusi pada sistem air tawar dunia, merupakan sumber konflik yang besar. Demikian merujuk pada laporan perkembangan air dunia PBB terbaru.

Baca Juga

Para penulis laporan ini menemukan bahwa dampak dari pembagian air, dan kemungkinan memanfaatkan kerja sama sumber daya air ke dalam strategi perdamaian yang luas, sering kali diabaikan. Kerja sama yang lebih baik dalam hal akses air bersih juga akan berperan dalam meningkatkan kehidupan perempuan dan anak perempuan.

“Seiring dengan meningkatnya kekurangan air, begitu pula risiko konflik lokal atau regional. Pesan UNESCO jelas: jika kita ingin menjaga perdamaian, kita harus bertindak cepat tidak hanya untuk melindungi sumber daya air tetapi juga untuk meningkatkan kerja sama regional dan global di bidang ini,” kata Audrey Azoulay selaku direktur jenderal Unesco, badan PBB yang menerbitkan laporan tahunan atas nama UN-Water, seperti dilansir The Guardian, Selasa (25/3/2024)

Akses terhadap air merupakan isu penting dalam konflik antara Israel dan Hamas di Gaza. Beberapa pengamat menuduh Israel mempersenjatai akses terhadap air bersih, karena Gaza bergantung pada Israel untuk sebagian besar pasokan airnya. Ratusan ribu anak-anak mengalami kelaparan parah atau hampir kelaparan di Gaza, sementara kekurangan air bersih meningkatkan rasa haus serta mengganggu perawatan medis dan kebersihan.

“Laporan tahunan pembangunan air dunia dari PBB tidak menyelidiki konflik-konflik tersebut, karena hal itu akan menjadi terlalu sensitif secara politis,” menurut pemimpin redaksi laporan tersebut, Rick Connor.

Ia mengatakan bahwa air sering kali menjadi alat, target atau korban peperangan, tapi biasanya tidak menjadi penyebab perang. Sengketa mengenai air dapat terjadi ketika permintaan melebihi pasokan, ketika ketersediaan terganggu karena polusi, ketika akses terhadap alokasi air dibatasi, atau ketika pasokan air dan layanan sanitasi terganggu.

“Sengketa ini dapat berkisar dari sengketa hukum hingga pertengkaran dengan kekerasan, yang sering kali mencerminkan kondisi sosial, politik, lingkungan, dan demografi yang spesifik dan spesifik lokasi,” kata Connor.

Dampak dari kekurangan air dan ketegangan atas air termasuk migrasi paksa, kerawanan pangan dan ancaman kesehatan lainnya, serta bahaya khusus bagi perempuan dan anak perempuan, menurut laporan tersebut. Disebutkan juga bahwa ketegangan atas ketersediaan air memperburuk konflik di seluruh dunia.

“Namun, meskipun peran air dalam perang telah sering disebut, belum banyak perhatian yang diberikan pada potensi kerja sama terkait air untuk menciptakan atau mempertahankan perdamaian,” menurut Alvaro Lario, presiden Dana Internasional untuk Pembangunan Pertanian yang juga menjabat sebagai ketua UN-Water.

"Air, jika dikelola secara berkelanjutan dan adil, dapat menjadi sumber perdamaian dan kesejahteraan. Air juga merupakan sumber kehidupan pertanian, pendorong sosial ekonomi utama bagi miliaran orang," tambah dia.

Hanya sedikit kemajuan yang dicapai dalam masalah air selama beberapa tahun terakhir karena krisis iklim, polusi, dan penggunaan sumber daya air tawar yang berlebihan di beberapa daerah telah memberikan tekanan lebih lanjut pada air. Hampir setengah dari populasi dunia tidak memiliki akses terhadap sanitasi yang higienis, dan sekitar 2,2 miliar orang tidak dapat mengandalkan pasokan air minum yang aman.

Tingkat kebutuhan yang tidak terpenuhi di seluruh dunia ini telah meningkat tajam selama dua dekade terakhir, meskipun ditargetkan sebagai salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan PBB untuk tahun 2030.

Sebaliknya, jika tren ini terus berlanjut, kekurangan air akan berdampak pada lebih banyak orang di masa depan. Permintaan air tawar global akan melebihi pasokan sebesar 40 persen pada akhir dekade ini, menurut temuan awal dari laporan terbesar tentang air dunia, yang akan diterbitkan pada bulan September ini oleh Global Commission on the Economics of Water, yang terpisah dari laporan pengembangan air dunia tahunan UN-Water.

Pada tahun 2022, sekitar setengah dari populasi dunia mengalami kelangkaan air yang parah setidaknya selama satu tahun, dan antara tahun 2002 dan 2021, kekeringan telah menimpa lebih dari 1,4 miliar jiwa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement