Senin 28 Oct 2024 17:53 WIB

Survei: Pengetahuan Laki-Laki Soal Perubahan Iklim Lebih Tinggi Dibandingkan Perempuan

PPIM UIN Jakarta mengungkap hasil penelitian bertema lingkungan.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Perubahan iklim (ilustrasi). Berdasarkan hasil penelitian PPIM UIN, laki-laki lebih tinggi pengetahuannya terkait perubahan iklim dan transisi energi dibandingkan dengan perempuan.
Foto: www.freepik.com
Perubahan iklim (ilustrasi). Berdasarkan hasil penelitian PPIM UIN, laki-laki lebih tinggi pengetahuannya terkait perubahan iklim dan transisi energi dibandingkan dengan perempuan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Jakarta Aptiani Nurjannah mengatakan, laki-laki lebih tinggi pengetahuannya terkait perubahan iklim dan transisi energi dibandingkan dengan perempuan. Hal ini berdasarkan hasil penelitian bertajuk "Ada Apa dengan Lingkungan, Analisis Gender dan Generasi" yang dilakukan oleh tim survei nasional PPIM UIN Jakarta.

"Yang mengetahui perubahan iklim, laki-laki 74 persen, perempuan 68 persen. Untuk yang tahu transisi energi, laki-laki 23 persen, perempuan 16 persen," kata Aptiani Nurjannah di Jakarta, Senin (28/10/2024).

Baca Juga

Survei juga menemukan bahwa laki-laki lebih menganggap manusia sebagai penyebab perubahan iklim. Sementara perempuan menganggap manusia dan alam sebagai penyebab perubahan iklim. Laki-laki lebih banyak setuju penyebab perubahan iklim adalah kegiatan ekonomi, ulah manusia, gaya hidup, dan konspirasi.

Sedangkan perempuan lebih banyak yang setuju tanda akhir zaman sebagai penyebab terjadinya perubahan iklim. "Laki-laki lebih banyak setuju penyebab perubahan iklim adalah pemerintah, ormas, perusahaan. Sementara perempuan lebih banyak yang setuju perubahan iklim karena individu," kata dia.

Kemudian tiga isu yang dikhawatirkan laki-laki adalah politik, korupsi, dan kerusakan lingkungan. Sementara yang dikhawatirkan bagi perempuan adalah isu kesehatan, kriminalitas, dan polusi. "Laki-laki lebih khawatir pada isu-isu publik. Jika perempuan lebih concerned ke isu-isu di area privat," ujarnya.

Perilaku pro lingkungan yang dilakukan perempuan bersifat privat, seperti membawa kantong belanja, membawa wadah makan dan botol minum, mengkonsumsi produk yang isi ulang, hemat air, dan hemat listrik. Sementara perilaku pro lingkungan yang dilakukan laki-laki bersifat publik, seperti petisi, donasi, kampanye, kerja bakti lingkungan, mengajak orang untuk peduli lingkungan, dan menegur orang yang buang sampah sembarangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement