Rabu 24 Jan 2024 13:05 WIB

Dampak Perubahan Iklim Dikaitkan dengan Penyebaran Penyakit Diare

Dampak cuaca menyebabkan infeksi bakteri penyebab diare lebih mudah menyebar.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Sebuah studi terbaru dari University of Surrey menemukan bahwa temperatur, panjang hari, dan kelembaban dilaporkan terkait dengan peningkatan penyebaran penyakit diare.
Foto: pixabay
Sebuah studi terbaru dari University of Surrey menemukan bahwa temperatur, panjang hari, dan kelembaban dilaporkan terkait dengan peningkatan penyebaran penyakit diare.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi terbaru dari University of Surrey menemukan bahwa temperatur, panjang hari, dan kelembaban dilaporkan terkait dengan peningkatan penyebaran penyakit diare. Temuan ini dapat membantu memprediksi wabah penyakit lebih lanjut, yang berpotensi mengarah pada kesiapan yang lebih baik dalam layanan kesehatan.

Selama studi unik ini, para peneliti menyelidiki dampak cuaca pada penularan campylobacteriosis, infeksi bakteri yang dapat menyebabkan diare dan sakit perut. Studi ini dipimpin oleh Dr Giovanni Lo Iacono, dosen senior Biostatistik dan Epidemiologi di School of Veterinary Medicine University of Surrey dan yang berkontribusi pada Efek Kesehatan UKSHA baru-baru ini dari Perubahan Iklim.

Baca Juga

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, infeksi Campylobacter adalah penyebab paling umum dari gastroenteritis bakteri manusia di dunia. Infeksi umumnya ringan, tetapi bisa berakibat fatal di antara balita, lansia, dan individu yang mengalami imunosupresi.

Dr Giovanni Lo Iacono, mengatakan bahwa sejak Hippocrates, telah ada konsensus besar bahwa cuaca dan iklim mempengaruhi penyebaran penyakit. Alasan mengapa hal ini terjadi dan faktor lingkungan spesifik apa yang mendorong penyebaran penyakit adalah masalah rumit yang tidak sepenuhnya dipahami.

“Namun sekarang kami memiliki penjelasan rinci tentang bagaimana cuaca mempengaruhi penyakit, dan langkah selanjutnya adalah memahami mengapa. Yang penting, melalui pendekatan kami yang transparan dan sederhana secara konseptual, kami sekarang dapat mengetahui risiko terkena penyakit ketika kami mengetahui cuaca lokal baru-baru ini,” kata Giovanni Lo Iacono seperti dilansir Science Daily, Rabu (24/1/2024).

“Informasi ini sangat berharga, karena penyakit seperti campylobacteriosis tidak hanya menyebabkan ketidaknyamanan bagi individu, tetapi memiliki dampak sosial yang sangat besar, dengan orang-orang harus memanggil sakit untuk bekerja dan memberi tekanan ekstra pada layanan kesehatan di seluruh dunia,” tambah dia.

Untuk menentukan apakah cuaca berdampak pada kejadian campylobacteriosis, para peneliti menganalisis data dari sekitar satu juta kasus campylobacteriosis di Inggris dan Wales selama periode 20 tahun dari UKHSA. Pemodelan matematika inovatif dikembangkan oleh tim yang memungkinkan mereka untuk membandingkan data yang disediakan oleh Met Office dengan parameter cuaca pada saat itu.

Analisis data ini menunjukkan insiden campylobacteriosis konsisten di bawah suhu delapan derajat Celcius. Namun, peningkatan tajam dalam infeksi -sekitar satu kasus per juta- diamati untuk setiap kenaikan suhu lima derajat, di mana suhu antara delapan hingga 15 derajat Celcius.

Hubungan dengan kelembaban diidentifikasi oleh tim yang juga mengamati insiden infeksi yang tinggi ketika tingkat uap air di udara antara 75-80 persen. Menariknya, para peneliti mengamati hubungan yang kuat antara panjang hari (lebih dari 10 jam) dan peningkatan kasus penyakit. Asosiasi ini semakin diperkuat ketika kelembaban juga tinggi. Curah hujan dan kecepatan angin tidak sangat terkait dengan penyebaran campylobacteriosis.

Dr Lo Iacono menambahkan bahwa kenaikan suhu, kelembaban dan peningkatan panjang hari dikaitkan dengan penyebaran campylobacteriosis. “Kami tidak sepenuhnya mengerti mengapa hal ini terjadi. Bisa jadi cuaca hangat meningkatkan kelangsungan hidup dan penyebaran bakteri patogen, sehingga cuaca menyebabkan penyakit. Atau alternatif itu bisa menjadi perilaku orang dan bagaimana mereka bersosialisasi selama periode tersebut,” kata dia.

“Namun, apa yang kita tahu adalah perubahan iklim tidak hanya memiliki dampak lingkungan tetapi memiliki potensi untuk mempengaruhi kesehatan kita secara negatif dengan membantu penyebaran penyakit menular,” jelas Dr Lo Iacono.

Gordon Nichols, seorang profesor tamu di University of Surrey, mengungkapkan bahwa data lingkungan dapat membantu memahami pola kompleks dalam penyebaran penyakit.

“Memiliki pengetahuan ini sangat berharga karena dapat membantu kami mengidentifikasi daerah yang rentan terhadap potensi wabah dan memastikan mereka memiliki sumber daya yang tersedia untuk mengobati orang yang terkena dampak dan untuk mengekang penyebaran penyakit ke daerah lain,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement