Rabu 20 Mar 2024 13:41 WIB

Ini yang akan Terjadi Apabila Suhu Bumi Kian Panas

WMO mengeluarkan peringatan darurat terkait pemanasan global.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Organisasi Meteorologi Dunia (WMO), yang berada di bawah naungan PBB, telah mengeluarkan ‘red alert’ tentang pemasalah global.
Foto: www.freepik.com
Organisasi Meteorologi Dunia (WMO), yang berada di bawah naungan PBB, telah mengeluarkan ‘red alert’ tentang pemasalah global.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Organisasi Meteorologi Dunia (WMO), yang berada di bawah naungan PBB, telah mengeluarkan ‘red alert’ tentang pemasalah global kepada negara-negara. Peringatan keras ini dirilis setelah terjadinya peningkatan yang memecahkan rekor tahun lalu dalam hal gas rumah kaca, suhu tanah dan air, serta melelehnya gletser dan es laut.

Periode 12 bulan dari Maret 2023 hingga Februari 2024 telah melampaui batas 1,5 derajat Celcius, dengan suhu rata-rata paling tinggi mencapai 1,56 derajat Celcius, demikian menurut Layanan Perubahan Iklim Copernicus Uni Eropa.

Baca Juga

Lantas apa yang terjadi jika pemanasan global terus meningkat? Jika suhu dunia naik dua derajat, gletser di pegunungan dan sungai akan mulai menghilang dan daerah pegunungan akan mengalami lebih banyak tanah longsor, karena lapisan es yang menyatukan keduanya mencair.

Pada tahun 2100, permukaan air laut dapat naik satu meter, menggusur 10 persen populasi dunia. Negara-negara seperti Maladewa (Maldives) akan tenggelam dan anak benua India akan berjuang untuk bertahan hidup. Jumlah orang yang meninggal juga akan bertambah lebih besar karena mereka berjuang dengan suhu yang meningkat, demikian seperti dilansir Sky News, Rabu (20/3/2024).

Ekosistem juga akan runtuh dan sepertiga dari semua kehidupan di bumi akan menghadapi kepunahan. Pertumbuhan tanaman akan melambat, lalu berhenti. Tumbuhan tidak dapat menyerap karbon dioksida dengan baik sehingga akan mulai mengeluarkannya - membuat pemanasan global semakin parah.

Pusat-pusat pangan dunia akan menjadi tandus dan, dalam waktu 85 tahun, sepertiga dari planet ini juga diprediksi tidak akan memiliki air tawar.

Jika suhu dunia naik dua hingga tiga derajat, sebanyak 40 persen hutan hujan Amazon akan rusak dan tanah yang lebih hangat akan membunuh vegetasi dan melepaskan lebih banyak karbon. Badai akan semakin kuat kuat dan kota-kota di Asia, Australia, dan tenggara Amerika Serikat akan menghadapi kehancuran. Belanda akan terkoyak oleh Laut Utara. Lalu air asin akan merayap ke hulu, meracuni air tanah dan merusak pasokan makanan.

Jika suhu dunia naik tiga sampai empat derajat, jutaan orang akan mulai meninggalkan daerah pesisir, kota-kota akan mulai lenyap dan beberapa akan menjadi pulau-pulau. Es di kedua kutub akan lenyap dan hal ini dapat menyebabkan kenaikan permukaan air laut setinggi 50 meter, meskipun hal ini akan memakan waktu ratusan atau ribuan tahun.

Cina, produsen utama beras, gandum, dan jagung dunia, dapat mengalami kegagalan dalam bidang pertanian - Cina harus memberi makan lebih dari satu miliar orang dengan dua pertiga hasil panen saat ini.

Selain itu, musim panas akan lebih panjang dan suhu yang melonjak akan membuat hutan berubah menjadi kayu bakar, bahkan di bagian selatan Inggris suhu udara bisa mencapai 45 derajat Celcius. Meningkatnya permintaan akan pendingin ruangan memberikan tekanan besar pada jaringan listrik negara ini.

Jika suhu dunia meningkat enam derajat, hutan hujan akan menjadi gurun dan sejumlah besar migran akan berbondong-bondong ke beberapa bagian dunia yang mereka anggap dapat dihuni, yang mengakibatkan konflik rasial dan perang saudara.

Banyak yang akan memilih tempat seperti Kanada dan Siberia, tetapi bahkan iklim di sana mungkin terlalu panas untuk menanam tanaman pangan. Lautan yang tergenang berarti lebih banyak hidrogen sulfida, yang membunuh kehidupan laut dan, jika laut cukup panas, simpanan besar metana hidrat di bawah laut akan mulai keluar.

Metana mudah terbakar dan percikan api atau sambaran petir terkecil saja bisa menghasilkan bola api yang merobek langit. Ledakan yang lebih besar dari bom nuklir dapat menghancurkan kehidupan di bumi secara keseluruhan.

Sulfur dioksida di atmosfer akan terus melumpuhkan lapisan ozon, sehingga semua kehidupan yang tersisa akan terpapar radiasi UV dengan tingkat yang ekstrim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement